Biro Perjalanan Umroh Tour and Travel

Umroh tour - travel haji - biro umrah - umrah tour - tour umrah - perjalanan umroh - tour and travel umroh - tour travel umroh - tour travel umrah - biro haji - biro perjalanan umroh - biro perjalanan umrah - travel biro umroh - biro travel umroh - biro perjalanan haji - haji tour - tour haji - tour and travel haji murah.

Panduan Lengkap Manasik Haji dan Umroh

Bagi mereka yang sudah berpengalaman, tentu saja menjalankan manasik haji dan umroh bukan lagi menjadi sebuah masalah. Namun bagi calon jemaah yang belum pernah menunaikan ibadah tertinggi ini seringkali kebingungan meskipun telah membaca beberapa referensi tentang tata laksana haji dan umroh. Demikian juga hal nya dengan mereka yang pernah melaksanakan umroh namun belum sepenuhnya memahami tata cara seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Karena pada hakikatnya ibadah haji dan umroh ini bukan hanya membutuhkan pemahaman yang benar namun juga petunjuk dan panduan manasik haji, sehingga memudahkan dalam pelaksanaanya nanti di tanah suci.

Manasik haji sendiri merupakan suatu kegiatan persiapan dan pelatihan yang dilakukan oleh calon jemaah haji beserta para pemuka agama dan penyelenggara ibadah haji. Tujuannya adalah memberikan bekal pengetahuan tentang haji dan umroh agar calon jemaah dapat melaksanakannya dengan baik dan benar, termasuk didalamnya petunjuk tentang beberapa doa manasik haji yang diambil dari hadist dan Al-Qur’an.  Pola dan pelaksanaan bimbingan manasik haji yang dilakukan harus sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan yaitu Keputusan Menteri Agama RI Nomor 396 tahun 2003 perihal  Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh.

Para calon jamaah biasanya mendapatkan buku panduan dan tuntunan manasik haji yang berisi beberapa teori, doa-doa serta peraturan-peraturan yang harus ditaati. Adapun materi manasik haji yang akan dipelajari adalah seputar apa yang diperbolehkan dan apa yang tidak diperbolehkan, kemudian perbuatan dan amalan apa saja yang diwajibkan dan disunahkan, hal-hal yang membatalkan ibadah haji dan juga dilengkapi dengan petunjuk rinci pelaksanaan ritual haji mulai dari ihram atau niat dalam berhaji, diikuti dengan thawaf hari pertama, sampai thawaf akhir atau thawaf wada’.

Dalam pelaksanaan bimbingan manasik haji biasanya juga diberikan beberapa petunjuk tentang kondisi yang akan dihadapi di tanah suci. Bagaimanapun juga iklim dan kebiasaan di sana akan jauh berbeda dengan yang ada di negara asal calon jamaah. Hal ini dilakukan dengan pembagian calon jamaah dalam beberapa regu kemudian memilih salah satu sebagai pengkoordinir atau ketua regu.


0 comments: